Fantastis! Kambing Pygmy Mini Seharga Puluhan Juta - Magelang Jawa Tengah

Kambing Pygmy dapat digambarkan sebagai jenis kambing yang berbeda dari kambing ternak secara keseluruhan. Perbedaan antara kambing kerdil terlihat jelas dari segi ukuran, ciri dan keunggulan bagi peternak.

 

Istilah "pygmy" sendiri dalam bahasa Inggris berarti kerdil dan sering digunakan untuk menggambarkan kelompok etnis berbeda di dunia yang ukuran tubuhnya mungil (Pygmies). Jadi, kambing kerdil juga mendapatkan namanya karena ukuran tubuhnya yang relatif kecil dengan jenis kambing lainnya.

 

Karena ukurannya yang menggemaskan serta keindahan alamnya, kambing mini lebih sering dimanfaatkan untuk kecantikannya dibanding sumber makanan hewani (susu dan daging). Untuk bayi kambing kerdil kisaran harganya 25 juta. Harga kambing hias terbilang mahal dibandingkan dengan kambing hias lainnya. Apakah Anda masih tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang kambing Pygmy? Cari tahu lebih lanjut asal-usul, ciri-ciri, cara merawat, serta harga kambing-kambing tersebut di postingan ini!

 

Asal Usul Kambing Pygmy

 

Kambing Pygmy adalah kambing mini yang berasal dari Afrika, khususnya di wilayah Lembah Kamerun. Mereka dibiakkan untuk kambing perah dan pedaging karena kapasitas pemuliaan dan ketahanannya terhadap berbagai penyakit dan parasit.

 

Pada abad ke-19, ketika Inggris memperkenalkan kambing kerdil ke wilayah Eropa, itu adalah hewan eksotis yang ditampilkan di kebun binatang di Jerman dan Swedia. Pada akhir 1950-an, kambing kerdil diimpor ke Amerika. Amerika Serikat dan diperdagangkan untuk lembaga penelitian, kebun binatang serta individu. Pada akhirnya, miniatur kambing juga mendapatkan popularitas karena digunakan sebagai hewan peliharaan sekaligus pertunjukan.

 

Ciri-Ciri Kambing Pygmy

 

Dalam bahasa Inggris biasa, adalah mungkin untuk menggambarkan kambing "kerdil" sebagai kambing yang bertubuh kecil dan terlihat sangat padat. Kepala dan kakinya pendek. Ia memiliki dahi lebar dengan telinga tegak. kedua sisi leher, dan hidung sempit, dan moncong bulat.

 

Tinggi rata-rata kambing kerdil dewasa bervariasi antara 41-60 cm. Kambing kerdil jantan membawa berat badan 27 hingga 39 kg. Betina memiliki berat antara 24-34 kilogram. Ukuran ini termasuk dalam kategori mini atau kecil dibandingkan dengan jenis kambing Boer yang memiliki tinggi sekitar 78 cm dan berat badan antara 94-114 kg serta kambing Saanen yang memiliki tinggi berkisar antara 80-90 cm dengan berat badan sekitar 60 kg.

 

Dari warna bulunya, kambing kerdil memiliki warna dan corak yang beragam. Mulai dari warna hitam, karamel ringan hingga abu-abu tua, dipadukan dengan desain di wajah, punggung, atau perut.

 

Panjang bulu kambing Pygmy bergantung pada cuaca dan jenis kelamin. Kambing jantan lebih seksi dan memiliki janggut lebih panjang dan surai yang menggantung di pundaknya serta tanduk yang lebih besar. Berbeda dengan kambing betina, yang tidak memiliki jenggot atau tanduk yang jarang dan lebih kecil.

 

Sementara ukuran dan gaya menggemaskan Tingkah laku kambing kerdil yang lembut, penyayang, dan sifat aktif membuatnya menjadi hewan peliharaan yang ramah untuk anak-anak hingga orang dewasa. Kambing yang menggemaskan ini mampu belajar dan berperilaku seperti hewan peliharaan lainnya.

 

Meski kini masyarakat dunia lebih suka melihat kambing mini ini sebagai kambing hias, namun di negara asalnya, Afrika dikembangbiakkan untuk dijadikan sumber makanan hewani.

 

Daging kambing ini bisa dikonsumsi dengan cara yang sama seperti daging kambing lainnya. Produksi susu ini banyak diminati karena rasanya yang manis, serta mengandung kalsium, potasium, dan fosfor yang tinggi, berbeda dengan susu kambing perah. Kambing kerdil menghasilkan antara dua liter susu setiap hari selama lebih dari 180 hari.

 

Masa hidup kambing mini hingga 15 tahun. Sangat penting bagi peternak atau pemelihara kambing Pygmy bahwa mereka memiliki komitmen yang lebih besar dalam merawatnya.

 

Bagaimana Cara Merawat Kambing Pygmy?

 

Menurut para peternak kambing kerdil cara merawat kambing ini relatif sederhana dan tidak memerlukan teknik khusus. Berikut enam faktor yang perlu diperhatikan saat merawat kambing pygmy kesayangan Anda.

 

1. Makanan

Seperti halnya makanan normal kambing, kambing kerdil juga dapat mengkonsumsi daun segar, pohon, ranting dan semak serta rumput. Terkadang, mereka diperbolehkan makan sayur dan buah untuk suguhan. Namun, makanan manis tidak cocok untuk kambing yang rentan obesitas.

 

Selain itu ditawarkan pakan pabrik dengan kandungan nutrisi yang telah dimodifikasi untuk kambing kerdil agar memudahkan peternak untuk berkembang biak. Asupan harian utama yang perlu Anda perhatikan adalah air. Sangat penting untuk memiliki air yang tersedia setiap saat.

 

2. Penanganan

Meskipun kambing kerdil menyukai kontak manusia, sangat penting untuk sering melakukan kontak fisik dengan kambing kerdil muda Anda. Rutinitas ini diperlukan agar kambing Anda berkembang dan terbiasa berada di hadapan atau disentuh manusia.

 

3. Kebersihan

kambing Pygmy tidak perlu dimandikan setiap hari atau memiliki jadwal mandi yang teratur. Bersihkan kambing dengan sikat atau mandikan dengan air jika ada kotoran di badannya. Juga, penting untuk memotongnya kuku setiap 2 hingga 6 minggu , terutama jika kukunya terlihat melengkung ke atas.

 

Penting juga untuk tidak mengabaikan keamanan dan kebersihan kandang setiap hari. Pastikan tidak ada bagian kandang yang rusak atau membahayakan tubuh kambing. Jika Anda menggunakan pembalut, pembalut harus diganti setiap minggu atau kapan pun pembalut menjadi basah.

 

4. Rumah bagi para tunawisma atau kandang binatang

Jika kambing dipelihara di luar ruangan pastikan kandang dibuat dengan bahan yang kuat dan mampu melindungi kambing dari angin kencang atau hujan. Kandang juga tidak boleh ditutup terlalu rapat sehingga menyebabkan ruangan menjadi panas atau lembab.

 

Jika dipelihara di dalam rumah, Anda harus menyediakan kandang yang cukup luas, atau pagar yang cukup tinggi agar kambing tidak keluar dari pagar. Sebagai alas, Anda bisa menggunakan sedotan, pelet kayu atau serutan kayu yang disukai kambing dan memiliki kemampuan menyerap air. Yang paling penting adalah kambing kerdil harus tetap kering.

 

5. Olahraga

Kambing kerdil adalah kambing yang aktif. Inilah mengapa sangat penting bagi mereka, terutama anak-anak muda untuk bermain dan berolahraga sesuka mereka. Beri mereka area yang luas untuk berlari, atau ruang untuk memanjat atau melompat.

 

6. Sosialisasi

Mirip dengan manusia, kambing mini juga merupakan makhluk sosial. Mereka sangat menikmati hidup berkelompok dan bersosialisasi dengan manusia. Bagi pemilik kambing kerdil, luangkan waktu untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan mereka agar cepat membangun kepercayaan. Karena mereka adalah makhluk sosial, lebih baik memiliki pasangan.

 

Kambing Pygmy Harga Mulai dari 25 Jutaan

 

Abad ke-19 adalah waktu di Eropa, keunikan dan keindahan kambing kerdil sangat dikagumi oleh orang-orang dari segala usia. Inilah alasan mengapa kambing mini ini lebih sering dibudidayakan untuk keperluan hias daripada kambing pedaging atau perah.

 

Kekhasan kambing kerdil dari segi ukuran dan penampilannya memungkinkan untuk mengikuti lomba menghias kambing. Spesifikasi yang biasanya mempengaruhi harga kambing hias antara lain tinggi badan serta bentuk telinga, lubang hidung, mulut dan lain sebagainya. Faktor lain yang juga meningkatkan harga kambing hias adalah warna bulunya. Semakin sering seekor kambing memenangkan perlombaan berarti semakin tinggi harga jualnya.

 

Seorang peternak kambing kerdil yang tinggal di Bantul, Yogyakarta, mengaku harga kambing kerdil umur tiga bulan bisa mencapai 25 juta, dan tidak ada perbedaan harga kambing kerdil jantan atau betina.

 

Kabar baiknya, ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap kambing kerdil pascapandemi tumbuh hampir tiga kali lipat dari suku bunga. Sama Kecilnya, Bedanya Kambing Kerdil dengan Kacang Tanah

 

Jangan salah paham tentang kerdil dan kambing kacang. Meski keduanya berukuran sangat kecil dan memiliki berat rata-rata antara 25 hingga 30 kg Namun sumber dan beberapa ciri antara kedua jenis kambing ini berbeda.

 

Kambing kerdil merupakan hasil indukan yang lahir di Afrika yang dikenal dengan Kamerun Kerdil Kambing (Cameroon Pygmy Goat) dan kambing Kacang berasal dari peternak lokal Indonesia.

 

Pygmy adalah kambing hias karena penampilannya yang lucu. Berbeda dengan kambing kacang tanah yang dimanfaatkan sebagai makanan hewani. Produksi kacang tanah merupakan peranan penting bagi para petani skala kecil di daerah tersebut.

 

Ada ciri fisik yang membuat kedua jenis kambing ini. Kambing kerdil memiliki bentuk tubuh yang lebih padat, telinga yang menjuntai ke atas dan pial, atau daging, yang menggantung di kedua sisi lehernya. Jika kambing kacang memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping telinganya menggantung ke bawah dan tidak memiliki telinga.

 

Akhirnya, ada perbedaan besar dalam hal biaya. Anakan kambing kerdil yang berumur 3 bulan dihargai 25 juta tetapi bayi kambing kacang pada umur yang sama dihargai 1 juta.

 

Keuntungan Beternak Kambing Pygmy

 

Peternak kambing kerdil yang tinggal di Indonesia tidak umum. Harganya relatif mahal bagi peternak untuk beternak kambing lain. Namun bagi anda yang memiliki modal lebih anda bisa memanfaatkan ini sebagai peluang untuk bersaing dengan peternak kambing kerdil lokal yang jumlahnya sedikit.

 

Bukti nyata keberhasilan peternak kambing kerdil terlihat dari kisah Dwi Susanto, pemilik Prayitno Farm di Yogyakarta yang mengaku kewalahan dengan permintaan kambing kerdil dari berbagai kota di Indonesia karena minimnya peternak kambing mini. .

 

Beternak kambing kerdil juga tidak perlu menunggu musim tertentu. Mereka dapat memasuki musim kawin kapan saja antara usia empat hingga lima bulan. Beberapa bahkan mulai paling cepat dua minggu. Namun, ada baiknya menunggu kambing betina mencapai 12-18 bulan sebelum dikawinkan. Kambing kerdil betina

 

Satu hingga empat bayi lahir dari empat bayi setiap 9-12 bulan. Manfaat besar lain dari celengan kambing adalah perbedaan fisiknya yang layak ditambahkan sebagai kambing hias. Jika kambing kerdil Anda membawa pulang kontes mendesain kambing, harganya kambing kerdil Anda bisa menjadi lebih mahal.

 

Di luar bisnis, kambing kerdil juga bisa menjadi pilihan hewan peliharaan yang lebih ortodoks. Sifat mereka yang lembut, manis, dan energik dapat menjadi teman yang baik bagi anak-anak dan menghibur orang dewasa. Selain itu, perawatan kambing mini yang menggemaskan ini sangat mudah, karena mereka membutuhkan lebih sedikit lahan daripada kambing pada umumnya dan pakan harian yang segar dan berkualitas tersedia hampir di mana-mana.

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton dan Uditch: Solusi Efektif untuk Pengendalian Banjir dan Perlindungan Lingkungan

Pertimbangan Pada Saat Membeli Rumah Pertama dan Cara Mengumpulkan Biaya DP

jaringan MQTT di IOT